Minuman Penurun Kolesterol dan LDL

Minuman Penurun Kolesterol dan LDL

Minuman Penurun Kolesterol dan LDL – Berikut ini merupakan artikel yang membahas tentang jenis-jenis minuman yang dapat menurunkan kolesterol dan LDL yang sudah dirangkum dari sumber terpercaya.

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah bukan hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol. Terdapat juga minuman penurun kolesterol yang secara medis terbukti dapat menormalkan kembali kadar kolesterol dalam darah Anda.

Seseorang dikatakan menderita kolesterol tinggi ketika memiliki total kolesterol darah lebih dari 240 miligram per desiliter (mg/dL). Angka tersebut dipengaruhi oleh komponen dalam kolesterol darah, yakni kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), dan trigliserida.Untuk menstabilkan kadar kolesterol Anda, pilihlah minuman yang dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida atau menaikkan HDL. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan menyebabkan Anda memiliki risiko mengidap penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung.

Apa saja minuman penurun kolesterol?

Secara umum, apa yang Anda makan atau minum memang sangat memengaruhi kadar kolesterol total dalam darah. Jika Anda terlanjur menderita kolesterol tinggi, berikut beberapa minuman penurun kolesterol yang dapat Anda coba.

Jus delima

Berdasarkan penelitian, jus delima mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari teh hijau. Antioksidan inilah yang dapat menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengurangi penumpukan lemak jahat alias LDL.

Teh

Teh, baik berupa teh hitam, teh hijau, teh putih, hingga teh oolong telah dikenal lama sebagai minuman penurun kolesterol karena kaya akan antioksidan. Teh hijau, misalnya, terbukti dapat menurunkan LDL hingga 2,19 mg/dL, meski teh ini tidak bisa sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik (HDL).Bukan hanya teh tradisional yang memiliki fungsi menurunkan kolesterol darah, teh herbal seperti teh jahe dan teh peppermint juga memiliki efek yang sama.Perbedaan teh tradisional dan teh herbal adalah teh herbal sebetulnya bukan berasal dari tumbuhan teh-tehan, melainkan tanaman lain yang diekstrak daun, batang, maupun buahnya dan diolah menjadi teh.Meski demikian, efek teh sebagai minuman penurun kolesterol tidak akan Anda rasakan langsung saat itu juga. Riset menyebut kadar kolesterol dalam darah baru bisa turun jika Anda rutin minum teh setidaknya selama beberapa minggu.

Baca Juga: Jenis Pengobatan Kanker Rahim

Jus alpukat

Alpukat mengandung lemak tidak jenuh (monounsaturated fats) dan serat yang dapat menurunkan LDL dan menaikkan kadar HDL. Selain mengonsumsinya sebagai jus, Anda juga dapat memakan alpukat sebagai buah maupun menjadikannya sebagai campuran salad.

Cokelat

Minuman cokelat ternyata memiliki efek baik bagi jantung karena mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) jika diminum dua kali sehari selama sebulan.Meski demikian, hati-hati dengan minuman cokelat yang mengandung banyak gula karena gula justru memiliki efek negatif pada jantung. Pilihlah minuman berbentuk dark chocolate, yakni yang mengandung cocoa 75–85 persen atau lebih.